Minggu, 01 Agustus 2021

MODUL AJAR KELAS VII (PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK) ~ MUTIMATUS SA'ADAH

 MODUL AJAR

BAHASA INGGRIS

Bisa unduh file ini di sini...



KOMPONEN INTI

KEGIATAN PENUTUP (2 TM x 10 MENIT)

1.       Siswa dapat melakukan / memberikan emotikon tertentu untuk menunjukkan pemahaman tentang topik hari ini.

2.       Siswa dapat menuliskan pertanyaan yang ingin diketahui lebih lanjut dalam kolom komentar.



-        Pertemuan 2 :

KEGIATAN AWAL (2 TM x 10 MENIT)

1.       Siswa dan Guru memulai dengan berdoa bersama.

2.       Siswa disapa dan melakukan absensi bersama dengan guru.

3.       Melakukukan Energizer untuk membangun motivasi belajar dan kegembiraan peserta didik

4.       Siswa bersama dengan guru membahas kembali kesepakatan kelas yang telah dilakukan sebelumnya untuk menyegarkan ingatan.

5.       Siswa diberikan penjelasan bahwa siswa akan bermain permainan Make a Match secara berkelompok untuk melatih mencari Informasi rinci tersurat pada sebuah teks Deskriptif yang terkait dengan descriptive text tentang orang.

KEGIATAN INTI (2 TM x 60 MENIT)

1.       Guru membagi 4 kelompok besar terdiri 8 orang.

2.       Guru memberikan potongan 2 descriptive text tentang orang kepada masing-masing kelompok.

3.       Guru menayangkan Retorika dari descriptive text di PPT (terlampir)

4.       Peserta didik menyusun potongan teks tersebut sesuai dengan retorika descriptive text dengan mengamati tayangan Guru.

5.       Guru memandu dan mendampingi peserta yg merasa kesulitan

6.       Peserta didik mencari menjodohkan potongan ide pokok pada masing-masing paragraf di kedua teks.

7.       Peserta didik bertukar hasil diskusi

8.       Peserta didik mengamati PPT yang ditayangkan guru mengenai susunan paragraf yang benar sesuai retorika descriptive text dan ide pokok yang benar.

9.       Peserta didik membandingkan hasil diskusi dengan tayangan.

10.   Guru memandu dan mendampingi peserta yg merasa kesulitan

11.   Peserta didik mereview hasil diskusi sehingga terbentuk sebuah teks yg benar sesuai retorika descriptive text dan juga pasangan main idea yg benar pada setiap paragraf dari dua teks.

12.   Siswa dan guru mendiskusikan kesalahan maupun kendala yang dihadapi

13.   Peserta didik membuat catatan sendiri di bukunya terhadap kosa kata/kata kerja yang belum dimengerti secara mandiri

14.   Guru melakukan penilaian proses (sikap dan proses diskusi terhadap penyampaian gagasan dan hasil diskusi)

15.   Peserta didik dan guru bermain “Quiz Siapa Berani” dengan cara menjawab pertanyaan guru untuk melatih keterampilan mencari informasi rinci dan spesifik dari teks.

16.   Guru memberi penguatan konsep terkait struktur dan WH-Question

KEGIATAN PENUTUP (2 TM x 10 MENIT)

1.       Siswa dapat melakukan / memberikan emotikon tertentu untuk menunjukkan pemahaman tentang topik hari ini.

2.       Siswa dapat menuliskan pertanyaan yang ingin diketahui lebih lanjut dalam kolom komentar.


 

  1. Asesmen

a.       Asesmen diagnostik

ü  Non. Kognitif :

Pilihlah emoticon dibawah ini untuk mewakili perasaanmu ketika belajar dengan ustadza Muti sekarang !

  


ü  Kognitif :

Diberikan berbagai kalimat present tense menggunakan kata sifat denga acak, dan meminta peserta didik untuk menyusunnya.

1. Tall – is – Mr. Anton

2. Very – are – they - smart

 

a.      Asesmen formatif

Asesmen Formatif yang bisa dilakukan selama kegiatan berlangsung:

ü  Ketika siswa sedang berkegiatan, guru berkeliling, dan berhenti sejenak di salah satu kelompok untuk mengamati kompetensi siswa (siswa melafalkan kosa kata/kata kerja/noun phrase), siswa melakukan diskusi (menyampaian gagasan dan berani menjawab)

ü  Ketika siswa sedang berkegiatan, guru berkeliling untuk mengamati keaktifan siswa ataupun melihat kendala yang mungkin timbul

ü  Ketika menemukan siswa yang kurang aktif, atau mengalami kendala, guru bisa melakukan perbaikan dengan cara menjadi pasangan siswa, atau bergabung menjadi kelompok dengan 3 orang. Guru dan siswa melakukan kegiatan yang sama seperti di atas. Siswa dimotivasi dan diberikan contoh.

Catatan : Bentuk Soal Formatif terlampir

 

b.      Asesmen sumatif

-          Membuat kalimat kalimat dengan menggunakan kata sifat dan digabung sehingga menjadi text deskriptif yang tepat

 

F.    Pengayaan dan Remedial

-          Melakukan praktik dan demonstrasi untuk pengayaan

-          tutor sebaya dan penjelasan ulang dari guru untuk remedial

 

G.   Refleksi Peserta Didik dan Guru

Momen terbaik apa yang saya rasakan ketika melakukan kegiatan ini?

Apa saja yang tidak berjalan dengan baik saat saya melakukan kegiatan? Mengapa?


LAMPIRAN           

 

A.     LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

 

PERTEMUAN 1 (LEMBAR KERJA 1)

1.       Whisper sentence by sentence the text below to your friends!

2.       The last friend must write the right sentences of the description!

 

PERTEMUAN 1 (LEMBAR KERJA 2)



PERTEMUAN 2 (LEMBAR KERJA 1)


A.     BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

-       Buku paket Bahasa Inggris kelas 7

-       Buku referensi materi Bahasa Inggris yang relevan

-       Buku pegangan guru Bahasa Inggris kelas 7

-     Internet dan media


 

A.     GLOSARIUM

Tutor sebaya : kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang siswa kepada siswa lainnya

 

B.     DAFTAR PUSTAKA

Unit Pengembangan Modul PKP Descriptive Text, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan  dan Kebudayaan, 2019

 

Buku Siswa Bahasa Inggris “when English Rings a Bell”.  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesi, 2017

 

clipart muslim cartoon.

 

https://www.google.com/search?q=clipart+muslim+cartoon&safe=active&sxsrf=ALeKk01rftlJU0h2C7KFwvz6xN0dO0Pj0w:1624020131785&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=OoUNe8oXXMGgKM%252CJPThtSpCFnX4dM%252C_&vet=1&usg=AI4_kTmHTfyMkuE5iy8WN0rA_xafsyOiQ&sa=X&ved=2ahUKEwiPn8C4mqHxAhXWdn0KHapPAWAQ9QF6BAgHEAE&biw=1366&bih=625#im grc=OoUNe8oXXMGgKM


2 komentar:

MODUL AJAR KELAS VII (PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK) ~ MUTIMATUS SA'ADAH

  MODUL AJAR BAHASA INGGRIS Bisa unduh  file ini di sini... KOMPONEN INTI KEGIATAN PENUTUP (2 TM x 10 MENIT) 1.    ...